Sabtu, 21 April 2012

// // 2 comments

Hari Bumi Sedunia

source : Google.co.id

Hari Bumi diperingati pada tanggal 22 April secara Internasional. Hari Bumi dirancang untuk meningkatkan kesadaran dan apresiasi terhadap planet yang ditinggali manusia ini yaitu bumi. Dicanangkan oleh Senator Amerika Serikat Gaylord Nelson pada tahun 1970 seorang pengajar lingkungan hidup.

Kita sbg Manusia memang sudah sepantasnya menjaga Bumi ini agar tetap indah dan lestari. Allah telah menciptakan Bumi ini dengan sangat seimbang karena Dia-lah Dzat yg maha Pencipta atas segalanya. Allah azza wa jalla pernah berfirman dalam Al-Quran,

"Yang telah menciptakan tujuh langit berlapis-lapis, kamu sekali-kali tidak melihat pada ciptaan Tuhan Yang Maha Pemurah sesuatu yang tidak seimbang. Maka lihatlah berulang-ulang, adakah kamu lihat sesuatu yang tidak seimbang?" Q.S. Al-Mulk [67] :3

Oleh karena itu kawan, jangan pernah menganggap rendah sekecil apa pun yang ada di Bumi ini, karena sering kita mendengar sebuah kata-kata Hikmah, "Di balik Ciptaan-Nya pasti mengandung hikmah di dalamnya". Marilah kita mencoba menjaga setiap apa yang sudah Allah ciptakan untuk kita, senantiasa merawatnya dan mensyukuri apa yang sudah Allah berikan kepada kita. Apapun bentuknya.

Saya di sini sbg seorang Petani Tebu menghimbau kepada Saudara-saudaraku sekalian, marilah kita bersama-sama menjaga Bumi ini agar tetap indah dan tetap seimbang seperti apa yang telah difirmankan Allah dalam Al-Quran.

Khususnya tanaman Tebu, saya sangat berharap sekali kelak tanaman ini dapat memberikan sumbangan kemajuan untuk Indonesia mengingat dulunya ketika Zaman Belanda kita pernah berjaya karena Indonesia dapat ekspor Gula ke banyak negara. Jika dulu bisa, kenapa sekarang tidak bisa???

Memang budidaya Tebu zaman dahulu berbeda dengan sekarang, begitu juga kondisi lingkungan yang sudah berbeda jauh dengan dahulu kala. Namun, mengapa kita tak mencoba menengok pada diri kita apakah yang salah pada manusianya ataukah lingkungan? Jangan pernah mencoba untuk mencari-cari alasan agar kita dapat menghindar dari kenyataan. Cobalah untuk memikirkan kenapa kita dulu dapat berjaya namun sekarang tidak bisa? Tentunya semua itu kembali pada diri kita, seberapa besar kemauan kita untuk dapat mewujudkan semua itu.

Kita sering mengatakan, Indonesia itu tanah Surga, dimana batang digeletakkan di tanah saja akan jadi tanaman. Tapi untuk menanam Tebu yang bisa tumbuh dengan mudahnya saja kita tak mampu.

Beberapa hal yang mungkin dapat kita lakukan untuk memajukan Petani Tebu di Indonesia adalah :
1. Menciptakan kader-kader baru petani Tebu yang tahan banting dan memang benar-benar memiliki semangat juang Petani Tebu, seperti yang sudah dilaksanakan oleh Koperasi Petani yang menyekolahkan pemuda-pemuda bangsa di kampus khusus Tebu.
2. Lebih menghargai para petani dan memberikan dukungan moral dan material agar mereka mau maju dan berkembang. Ingatlah kawan, tanpa petani kalian mungkin tak akan makan sayur dan makanan dari tanaman. Tentunya atas izin-Nya.
3. Peningkatan kualitas SDM Petani Tebu yang selama ini hanya terbatas pada mereka yang sudah tua saja yang tentunya kualitas mereka berada di bawah mereka para generasi Muda harapan bangsa dimana Pemuda memiliki pemikiran yang lebih berkualitas.
4. Menyadari bahwa betapa vitalnya Petani itu dan perlu diketahui, negara ini adalah negara yang punya gelar "Agraria" jadi tidak malukah kita jika kita tidak juga bisa swasembada bahan pangan???
5. Menyadari bahwa Indonesia ini membutuhkan banyak Planters untuk memajukan pertanian di Indonesia.

Ayo kawan, mari Kita Bangkit...
-super-

"SELAMAT HARI BUMI SEDUNIA"
Mari kita jaga ciptaan Sang Maha Kuasa dengan sebaik-baiknya... dan kita majukan Petani Tebu Indonesia

Maaf tulisannya Belepotan

2 komentar:

  1. Selamat hari bumi sedunia juga gan. berkunjung dan berkomentar balik ya. slam kenal

    http://www.info-yazid.com/2012/04/harga-dan-spesifikasi-blackberry-curve.html

    BalasHapus